3 Perintah Terbaik Untuk Mengecek Penggunaan CPU di Linux Realtime

3 Perintah Terbaik Untuk Mengecek Penggunaan CPU di Linux Realtime


Unit Pemroses Sentral (UPS) (bahasa Inggris: Central Processing Unit/Processor; CPU), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, pemroses/prosesor (processor), sering digunakan untuk menyebut CPU.


1. Htop


Htop adalah penampil proses dan aplikasi mode teks untuk pemantauan sistem secara real-time seperti atas. Htop menampilkan daftar lengkap proses yang sedang berjalan dan mudah digunakan. Ini didasarkan pada ncurses untuk melihat proses dalam lingkungan seperti GUI yang berjalan di terminal. Htop menampilkan penggunaan per CPU bersama dengan memori dan penggunaan swap dengan grafik teks penting tercetak di bagian atas. Htop sangat nyaman digunakan dan mudah dimengerti. Setelah Anda mulai menggunakan HTOP, Anda mungkin tidak kembali ke TOP.

Install Htop dengan Perintah

# sudo apt-get install htop

jalankan dengan perintah

# htop


Htop menampilkan Penggunaan CPU, Penggunaan Memori dan Penggunaan Swap.


2. Nmon


nmon (Monitor kinerja Nigel untuk Linux & AIX) telah dikembangkan oleh karyawan IBM Nigel Griffiths. Alat ini digunakan untuk memantau sumber daya sistem seperti CPU, memori, jaringan, disk, sistem file, NFS, proses teratas di terminal. NMON mendukung berbagai arsitektur seperti POWER, x86, x86_64, Mainframe dan ARM (Raspberry Pi). Alat ini membantu administrator sistem untuk menyetel, menaksir informasi kinerja untuk memecahkan masalah kinerja CPU / sistem ketika ada beberapa masalah. Untuk pemantauan real-time, ia menggunakan pustaka kutukan untuk dampak CPU yang rendah dan menampilkan statistik di layar dan memperbarui setiap dua detik. nmon mengkonsumsi lebih sedikit memori CPU dibandingkan dengan alat lain karena menggunakan pustaka kutukan.

Install nmon dengan perintah

# sudo apt-get install nmon

jalankan dengan perintah 

# nmon


Ketik nmon di terminal dan tekan enter, nmon akan menampilkan layar selamat datang dengan semua opsi untuk menggunakannya lebih lanjut. Jika Anda ingin menampilkan utilisasi CPU, tekan c dan untuk menyembunyikan statistik widget pemanfaatan CPU, tekan 'c' lagi.

3. Glances


Glances adalah alat pemantauan berbasis kutukan lintas platform yang ditulis dengan Python yang menggunakan pustaka psutil untuk mengambil data dari sistem. Glance monitor CPU, Rata-rata, Memori, Antarmuka Jaringan, Disk I / O, Proses dan penggunaan ruang Sistem File.

Cara install

# sudo apt-get install glances

cara menjalankank

# glances


glances menampilkan penggunaan cpu,jaringan,memori,swap,disk dan file system

kesimpulan:
saya pribadi lebih menyukai htop karena lebih enak dilihat dan berupa grafik bar.

Terima Kasih Telah Berkunjung - 3 Perintah Terbaik Untuk Mengecek Penggunaan CPU di Linux Realtime




0 Response to "3 Perintah Terbaik Untuk Mengecek Penggunaan CPU di Linux Realtime"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel