Cara Mengecek Kesehatan HDD Atau SSD diLinux

Cara Mengecek Kesehatan HDD/SSD diLinux



Ini merupakan akronim untuk Analisis Pemantauan Mandiri dan Teknologi Pelaporan, teknologi yang memungkinkan untuk mendeteksi kegagalan HDD dan SDD. Deteksi dini potensi masalah memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi tentang situasi dan membuat cadangan dan / atau mengganti drive sebelum mencapai titik kehilangan informasi penting.

Ini adalah beberapa fitur-fiturnya:


  • Pelaporan anomali otomatis
  • Aktifkan / Nonaktifkan SMART
  • Lakukan tes SMART
  • Tampilkan informasi perangkat
  • Aktifkan / Nonaktifkan Pengumpulan Data Offline Otomatis
  • Kemudahan penggunaan
  • Dokumentasi yang bagus


Cara Instalasi

# sudo apt-get install gsmartcontrol

cara menjalankan program

# sudo gsmartcontrol

note: harus menggunakan izin super user atau root

kemudian akan muncul tampilannya


Sebuah jendela baru akan muncul menampilkan beberapa detail dari drive, seperti Model, Serial Number, Kapasitas, Status Tes Kesehatan (PASSED / NOT PASSED),


Anda juga dapat melihat data mentah yang diberikan oleh smartctl dan menyimpannya ke file .txt


Bagian ini layak mendapat penjelasan lebih lanjut. Di sini Anda dapat melihat beberapa atribut SMART penting yang akan memberi tahu kesehatan drive Anda. Beberapa yang paling penting adalah yang berikut (perhatikan bahwa beberapa dari mereka tidak ditampilkan di layar, itu karena data SMART yang diberikan tergantung pada drive yang Anda miliki

Reallocated Sector Count: Mewakili jumlah sektor yang tidak dapat ditulis oleh penilaian SMART. Mereka ditandai sebagai rusak.

Reported Uncorrectable: Atribut ini mewakili jumlah sektor yang tidak dapat dipulihkan oleh sistem koreksi kesalahan drive. Jika Anda memiliki nilai tinggi di sini, mungkin drive Anda akan segera gagal.

Power Cycle Count: Menunjukkan jumlah siklus on / off drive. Ini dapat membantu Anda untuk menentukan apakah drive telah digunakan secara intens atau tidak, yang berguna misalnya jika Anda ingin membeli drive yang digunakan.

Wear Leveling Count: Menunjukkan sisa daya tahan drive dalam persentase, dimulai dalam 100 (nilai terbaik) dan menurun menjadi 0 secara linier seperti yang tertulis.

Spin Retry Count: Jumlah percobaan percobaan ulang. Ketika spin start tidak berhasil, ini menghitung upaya yang dilakukan untuk melakukan putaran spin kecepatan penuh. Atribut ini untuk HDD, dan nilai yang lebih tinggi menandakan bahwa itu mungkin menderita masalah mekanis.

anda dapat juga mengetes HDD/SDD anda

Alat praktis ini dapat membantu Anda untuk memeriksa status drive Anda dengan cara yang mudah. Seperti yang saya tunjukkan kepada Anda, perangkat lunak ini sangat intuitif, satu-satunya hal yang harus Anda ketahui adalah bagaimana menafsirkan SMART. Jika Anda tahu cara melakukannya, Anda siap untuk pergi, dan jika tidak, ada banyak dokumentasi melalui internet!

Kesimpulannya
anda dapat mengetes kesehatan HDD/SDD dilinux dengan software ini dengan cepat dan mudah, apalagi dengan gui wah...

Terima Kasih Telah Berkunjung - Cara Mengecek Kesehatan HDD/SSD diLinux



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengecek Kesehatan HDD Atau SSD diLinux"

Post a Comment