Pengeritan Dan Peran DNA Dalam Forensik Digital

Forensik Digital DNA Dalam Proses Menemukan Pelaku


Pengertian

DNA adalah Molekul asam deoksiribonukleat (DNA) mengandung informasi yang dibutuhkan semua sel hidup dalam tubuh manusia. Mereka juga mengontrol pewarisan karakteristik dari orang tua ke anak. Dengan pengecualian kembar identik, DNA setiap orang adalah unik, yang menjadikan pengambilan sampel DNA berguna untuk menyelesaikan kejahatan, mengidentifikasi korban bencana, dan menemukan orang hilang.


Peran DNA dalam menyelesaikan kejahatan

DNA dapat memainkan peran penting dalam menyelesaikan kejahatan, karena berpotensi untuk menghubungkan serangkaian kejahatan dan / atau untuk menempatkan tersangka di tempat kejadian kejahatan. Sama pentingnya, DNA dapat membantu membuktikan tidak bersalahnya seorang tersangka.

Langkah pertama dalam mendapatkan profil DNA untuk perbandingan adalah pengumpulan sampel dari TKP dan sampel referensi dari tersangka. Sampel umumnya diperoleh dari darah, rambut atau cairan tubuh. Kemajuan teknologi DNA memungkinkan sampel diperoleh dari jejak DNA yang semakin kecil ditemukan di TKP. 

Menggunakan metode sains forensik, sampel dianalisis, menghasilkan profil DNA yang dapat dibandingkan dengan profil DNA lainnya dalam database. Ini menciptakan peluang untuk Ketemu - Peristiwa , adegan-ke-adegan atau penghubung orang ke orang - di mana tidak ada koneksi sebelumnya yang diketahui. 


Contoh Kasus


Januari 2012: Hukuman penjara penahanan selama 61 tahun diberikan kepada pemerkosa berantai internasional 

Beberapa perkosaan yang tidak terpecahkan di AS dihubungkan melalui basis data DNA INTERPOL ke pelaku kejahatan seks di Austria. Warga Afghanistan berusia 32 tahun, yang diyakini telah mengunjungi sejumlah negara menggunakan nama samaran, ditangkap di Austria dan diekstradisi ke AS dan dihukum berdasarkan pertandingan ini.

Terima Kasih telah berkunjung - Peran DNA Dalam Forensik Digital

Baca Juga : Prinsip Dasar Digital Forensik

Tag : Digital forensik, Digital Forensik Adalah, Digital Forensik Indonesia, Digital Forensik PDF, Digital Forensik Software, hubungan digital forensik dengan keamanan data dan jaringan, Kursuk Digital Forensik

0 Response to "Pengeritan Dan Peran DNA Dalam Forensik Digital"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel