Pengertian Forensik Digital Adalah

Ilmu Forensik Komputer


     Digital forensik termasuk bidang spesialisasi komputer yang baru, dan oleh karenanya tidak banyak universitas di luar negeri yang menyelenggarakannya, di samping sulit untuk mendapatkan ahli di bidang tersebut untuk menjadi dosen pengajarnya. 

Digital Forensik adalah suatu ilmu pengetahuan dan keahlian untuk mengidentifikasi, mengoleksi, menganalisa dan menguji bukti–bukti digital pada saat menangani sebuah kasus yang memerlukan penanganan dan identifikasi barang bukti digital. Digital forensik investigasi memiliki berbagai aplikasi.

Masalah besar yang muncul adalah mereka meng-handle barang bukti elektronik yang berasal dari kejahatan tersebut dengan tidak mengikuti kaidah prinsip-prinsip dasar dan prosedur digital forensik yang diakui secara internasional. Dikhawatirkan output dari pekerjaan mereka tidak dapat diterima di persidangan sebagai salah satu alat bukti hukum yang syah. 

Jika ini sampai terjadi maka pelaku kejahatan komputer dan/atau computer-related crime akan dimungkinkan dapat bebas demi hukum Analogi dari hal tersebut adalah pemeriksaan secara ilmiah terhadap barang bukti berupa mayat yang ditemukan di TKP. 


Untuk melakukan pemeriksaan tersebut dibutuhkan seorang dokter yang memiliki kemampuan dan keahlian di bidang spesialisasi kedokteran forensik, bukan bidang-bidang spesialisasi kedokteran yang lain. Begitu juga dengan temuan barang bukti elektronik di TKP, seharusnya barang bukti tersebut diperiksa secara ilmiah oleh ahli di bidang spesialisasi digital forensik, bukan bidang-bidang spesialisasi komputer yang lain. Oleh karena jumlah ahli di bidang digital forensic ini sangatlah terbatas, baik skala nasional maupun internasional, maka orang-orang yang memiliki keahlian di bidang ini dihargai dengan mahal.

Digital forensik juga harus didukung oleh bidang-bidang spesialisasi yang lain seperti programming, networking, information management, information security, penetration testing dan hacking agar pengimplementasian digital forensik dalam suatu investigasi dapat dilaksanakan secara komprehensif.

Terima Kasih Telah Berkunjung - Forensik Digital atau Komputer Adalah

0 Response to "Pengertian Forensik Digital Adalah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel