Pengertian SIdik Jari Forensik Digital

Digital Forensik dalam Sidik Jari




Pengertian Sidik Jari 

Bukti sidik jari memainkan peran penting dalam investigasi kriminal. Karena sidik jari seseorang adalah unik dan tidak berubah selama masa hidup mereka, sidik jari dapat digunakan untuk secara cepat dan efisien mengkonfirmasi atau menyangkal identitas seseorang, misalnya, dalam memeriksa seorang tersangka di persimpangan perbatasan. 

Selain itu, tanda jari dapat dikumpulkan di tempat kejadian kejahatan dan memiliki potensi untuk menghubungkan serangkaian kejahatan bersama, atau untuk menempatkan tersangka di tempat kejadian. Sidik jari memainkan peran yang sama penting dalam  korban mengidentifikasi setelah bencana seperti angin topan, gempa bumi, bom atau serangan lainnya.


Mengapa Identifikasi Sidik Jari?

  • Telah melayani pemerintah di seluruh dunia selama lebih dari satu abad untuk memberikan identifikasi orang yang akurat. Tidak ada dua sidik jari yang pernah ditemukan sama dalam miliaran perbandingan manusia dan komputer otomatis. Sidik jari adalah dasar untuk fondasi sejarah kriminal di setiap kantor polisi di bumi. 
  • Mendirikan organisasi profesional forensik pertama, Asosiasi Internasional untuk Identifikasi (IAI), pada tahun 1915. 
  • Mendirikan program sertifikasi profesional pertama untuk ilmuwan forensik, program Certified Latent Print Examiner (CLPE) IAI pada tahun 1977. Jauh dari klaim para ahli sidik jari tidak pernah salah, selama lebih dari empat dekade program sertifikasi IAI telah mengeluarkan sertifikasi kepada mereka yang memenuhi kriteria ketat dan mencabut. sertifikasi untuk masalah jaminan kualitas seperti identifikasi yang salah. 
  • Terus berkembang sebagai metode utama untuk mengidentifikasi secara akurat orang-orang dalam sistem catatan pemerintah, dengan ratusan ribu orang ditambahkan setiap hari ke repositori sidik jari di seluruh dunia. 
  • Selama lebih dari seabad, tetap menjadi bukti forensik yang paling umum digunakan di seluruh dunia - di sebagian besar yurisdiksi kasus-kasus pemeriksaan sidik jari cocok atau melebihi jumlah semua kasus kerja pemeriksaan forensik lainnya digabungkan. F ingerprints diambil dari kejahatan "adegan menyebabkan lebih banyak tersangka dan menghasilkan lebih banyak bukti di pengadilan daripada semua teknik laboratorium forensik lainnya digabungkan.
  • Relatif murah untuk menyelesaikan kejahatan. Biaya merupakan faktor penting karena lembaga harus menyeimbangkan sumber daya investigasi untuk memuaskan ketepatan waktu dan ketelitian, tanpa mengorbankan akurasi. Sebagai contoh, DNA ada di mana-mana seperti sidik jari di banyak tempat kejadian kejahatan, tetapi biayanya biasanya 100 hingga 400 kali lebih banyak daripada analisis sidik jari untuk masing-masing spesimen, dan dapat membutuhkan bulan atau tahun tambahan sebelum analisis selesai. Jadi, sementara sidik jari dan DNA biasanya diambil dari kejahatan serius seperti kekerasan seksual dan pembunuhan, sidik jari sering merupakan bukti utama yang dikumpulkan dari kejahatan yang lebih kecil seperti pencurian dan pembobolan kendaraan.

0 Response to "Pengertian SIdik Jari Forensik Digital"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel