Proses Analisa Intelijen Untuk Mengungkap Kejahatan

Analisis Kecerdasan Pidana


Analisis intelijen kriminal merupakan komponen penting dari kepolisian yang efektif, baik di level operasional maupun strategis. Analis mempelajari data yang terkait dengan penjahat, tersangka kejahatan, insiden, masalah dan tren. Dengan mengumpulkan dan menilai data ini, mereka dapat mengidentifikasi hubungan atau koneksi antara berbagai kejahatan di tempat yang berbeda. Analisis ini kemudian digunakan untuk memberikan wawasan yang dapat mendorong atau mendukung penyelidikan, operasi, dan strategi penegakan hukum, serta memengaruhi kebijakan dan keputusan pemerintah. 

Tujuan utama 

Tugas utama analisis intelijen kriminal adalah untuk: Membantu para pejabat - penegak hukum senior, pembuat kebijakan dan pembuat keputusan - menangani lebih efektif dengan ketidakpastian dan tantangan baru; Memberikan peringatan ancaman yang tepat waktu; Mendukung kegiatan operasional dan penyelidikan yang kompleks.

Jenis analisis 

Analisis intelijen kriminal dibagi menjadi analisis operasional dan strategis. 

Sementara keterampilan dasar yang diperlukan adalah serupa, kedua kategori tersebut berbeda dalam hal tingkat perincian dan jenis klien yang produknya dirancang. 

Analisis operasional bertujuan untuk mencapai hasil penegakan hukum tertentu. Ini bisa berupa penangkapan, penyitaan, penyitaan aset atau uang yang diperoleh dari kegiatan kriminal, atau gangguan kelompok kriminal. Dukungan analitik operasional meliputi: Mengidentifikasi hubungan antara tersangka, dan keterlibatan mereka dalam kejahatan dan kegiatan kriminal; Identifikasi kesenjangan investigasi atau informasi utama; Mempersiapkan profil penjahat yang diketahui atau diduga. 

Analisis strategis dimaksudkan untuk memberi tahu para pembuat keputusan tingkat yang lebih tinggi, dan manfaatnya direalisasikan dalam jangka panjang. Tujuannya adalah untuk memberikan peringatan dini ancaman dan untuk mendukung pengambil keputusan senior dalam mempersiapkan organisasi mereka untuk menghadapi masalah kriminal yang muncul. Ini mungkin termasuk mengalokasikan sumber daya untuk berbagai jenis kejahatan, atau meningkatkan pelatihan dalam teknik memerangi kejahatan tertentu. 

Analisis strategis meliputi identifikasi: 

  • Modus operandi; 
  • Tren dan pola kejahatan; 
  • Ancaman yang muncul; 
  • Dampak potensial dari faktor eksternal seperti teknologi, 
  • demografi atau ekonomi pada kejahatan.


Produk analitik 
produk analitis, seperti: 

  • Laporan Analisis Operasional; 
  • Penilaian ancaman untuk wilayah atau kejahatan tertentu; 
  • Publikasi intelijen (buletin, laporan bulanan).




Tag : Analisis Intelijen Kriminal, Analisis Intelijen Kejahatan, Analisis Kecerdasan Kriminal, Analisis Intejen Pidana

0 Response to "Proses Analisa Intelijen Untuk Mengungkap Kejahatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel