Cacat Logika dan Harga Diri Pada Manusia


Selamat malam sahabat, malam ini sedang hangat setelah menonton beberapa video horror diyoutube kemudian saya terpikir untuk menuliskan apa yang sedang saya pikirikan dan masih hangat dalam ingatan serta akan saya jadikan jurnal pemahaman yang telah saya dapatkan.

Cacat logika pada dasarnya saya tidak akan menggunakan kata ini jika saya tidak pernah membacanya mungkin saya akan menggunakan kesalahan insting pada manusia karena sebelumnya itulah yang saya pahami, jadi akal sehat dan logika yang sehat itu adalah yang sesuai fakta objektif dan dapat dibuktikan dalam istilah data science juga artinya sesuai data dan ilmiah.

Ketika saya menghirup udara segar, angin menyentuh kulit dan otak saling berperang saya menerima beberapa kata atau kalimat yang tidak dapat saya terima dari pendapat orang lain kalimat itu sangat bertentangan dengan saya jadi bagaimana logika ini berpikir dan bagaimana logika yang sehat itu?

perbedaan pendapat bisa saja terjadi karena buku yang dibaca, lingkungan, cara pandang yang berbeda beda tapi ada beberapa yang tidak sesuai kaidahnya entah dari mana logika itu berasal, ketika anda bertanya saya yang hanya tamatan smk berbicara tentang hal ini apa itu dapat dipercaya menurut anda?  ketika seoarang napi berbicara tentang hukum apa anda akan percaya apa yang dia katakan walaupun yang dikatakannya benar? beberapa dari kalian meragukannya kan? disitulah letak cacat logikanya.

sebentar ada angin yang lewat didepan saya, baik kita bahas permasalahan tadi,  saya akan bertanya apa pertanyaan saya hanya lususan smk berkaitan dengan kontek yang kita bahas? Tidak, disitulah letak kualitas suatu argumen ketika anda menyudutkan orang lain dalam debat dia akan menyerang kepercayaan anda, diri anda padahal semua itu tidak ada hubungnannya dengan hal yang diperdebatkan, jika anda menggunakan logika maka anda tidak akan menyerang orangnya melankan pendapatnya saja.

Baik selanjutnya saya mau membahas MANUSIA SERING SEKALI MENURUNKAN LOGIKANYA DAN PENALARANNYA, kita manusia diciptakan sudah dibekali dengan insting atau kata hati, contoh kita sebagai zebra mengetahui didepan ada kawanan singa, sudah jelas kita tidak akan maju karena ada bahaya, bahkan kita sebagai manusia tidak mau menginjak duri karena sudah jelas akan melukai kita, sampai disini akal dan logika kita masih sehat.
contoh lain ketika mengharapkan cewe yang sudah menolak kita dan menunjukan sikap tidak suka, selingkuh sering ingkar janji dimana logika itu berada?
Contoh lain orang tua saya pada awalnya ada seseorang yang menawarkan menanam modal dengan untung perbulan 500k kebetulan saat itu menjelang tahun baru dan orang tua saya invest 3 juta, pada awalnya orang tua saya tidak percaya tapi akhirnya percaya karena beliau menurunkan logikanya dan menurutkan perasaannya dari pada uang itu diam saja, dan akhirnya uang itu tidak kembali, dari awal kita sudah diberi tau tapi apa.

Baiklah saya akan tutup tulisan ini dengan contoh terakhir, bayangkan anda punya rumah didalamnya terdapat barang barang berharga kemudian anda melihat seorang maling masuk kerumah anda mau mencuri barang berharga anda, apa yang anda lakukan? jelas anda tidak akan membiarkan maling itu masuk, begitu juga rumah diri anda sendiri, ketika ada orang yang mencuri kebahagiaan(harga diri) anda apa anda akan membiarkannya? tentu saja tidak karena itu barang berharga anda XD
jadi jangan menurunkan logika atau penalaran anda atau hanya menggunakan perasaan gunakanlah sesuai data dan fakta.

Terima kasih
15-07-2019
Book Of Shadows#1

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cacat Logika dan Harga Diri Pada Manusia"

Post a Comment